RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
(KELAS
TINGGI)
Satuan Pendidikan :
SD Negeri 1 Banda Aceh
Mata Pelajaran :
Matematika
Kelas/semester : V / 1
Alokasi Waktu : 1 x pertemuan (2 x 35
menit)
Hari/tanggal :
Senin / 4 Mei 2012
A. Standar Kompetensi :
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
4.1. Menghitung volume kubus dan balok.
C. Indikator :
- Menemukan rumus volume kubus.
- Menghitung volume kubus.
D. Tujuan Pembelajaran :
- Siswa dapat menemukan rumus volume kubus dengan benar
setelah diskusi kelompok.
setelah diskusi kelompok.
- Siswa dapat menghitung volume kubus dengan benar setelah
mendengar penjelasan guru.
mendengar penjelasan guru.
E.
karakter yang diharapkan :
Religious, tanggung jawab, menghargai pendapat orang lain disiplin,kreatif,rasa ingi n tahu, dan teliti
F. Materi Pokok :
Menghitung Volume Kubus
G. Metode/Model Pembelajaran :
a.
Metode Pembelajaran : Tanya
jawab, Pemberian tugas, diskusi
kelompok, dan
ceramah.
ceramah.
b.
Model Pembelajaran : kooperatf
learning
Tipe :
STAD (Student Team
Archievement Division)
G. Langkah-Langkah
Pembelajaran
No.
|
Uraian Kegiatan
|
Pengelolaan
|
||
Waktu
|
Siswa
|
Karakter
|
||
1.
|
Kegiatan
Awal
·
Memberi
salam, berdo’a, mengabsen, mengelola kelas.
·
Apersepsi
tentang pelajaran yang lalu dengan cara tanya jawab, yaitu :
-
Siapa
yang masih ingat ciri-ciri kubus
?
-
Siapa
yang masih ingat jaring-jaring kubus ?
-
Siapa
yang masih ingat rumus luas permukaan kubus ?
·
Memotivasi
siswa dengan bercerita tentang volume kubus.
·
Memberi
acuan dengan menuliskan tujuan pembelajaran di papan tulis.
·
Membagi
siswa ke dalam 4 kelompok masing- masing kelompok terdiri dari 3-4 orang
|
15 menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Religius
Disiplin
Rasa ingin tahu
|
2.
|
Kegiatan
Inti
·
Menjelaskan
materi pelajaran tentang volume kubus
dengan kubus satuan untuk menemukan rumus volume kubus.(Eksplorasi)
·
Membagikan
LKS kepada siswa untuk didiskusikan bersama kelompoknya.(Eksplorasi)
·
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompoknya dan kelompok lain menanggapinya(Eksplorasi)
·
Penguatan
hasil diskusi kelompok dan materi pelajaran oleh guru.(Konfirmasi)
·
Mengumpulkan
LKS untuk dinilai.
·
Feedback/umpan
balik.(konfirmasi)
·
Memberi
penghargaan kepada kelompok yang mendapat nilai tertinggi.
|
50
menit
|
Klasikal
Kelompok
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
Kelompok
|
- Rasa ingin tahu
-Jujur
-Kerja keras
-Mandiri
-Teliti
-Kreatif
-Tanggung jawab
-Menghargai -pendapat
orang lain
|
3.
|
Kegiatan
Akhir
·
Menyimpulkan
materi pelajaran.(elaborasi)
·
Memberi
evaluasi.(elaborasi)
·
Memberi
PR(elaborasi)
·
Memberi
pesan moral dan pesan belajar.(konfirmasi)
|
15 menit
|
Klasikal
Individu
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Jujur
Kerja keras Mandiri
Tanggung jawab
|
H. Media / Sumber
Pembelajaran :
a. Media Pembelajaran :
Kubus satuan dan media karton.
b.
Sumber Pembelajaran : buku elektronik hal 109-118 Buchori, dkk.2007. Gemar
Belajar Matematika untuk SD/MI kelas V. Semarang: Aneka
Ilmu. Halaman 65-69.
I. Penilaian :
Penilaian Proses :Religius
Rasa ingin tahu,Jujur,Kerja keras,Mandiri,Teliti,Kreatif , Tanggung jawab
Penilaian
Hasil :
-
LKS
-
Jawaban
soal
-
Jawaban
PR
Soal
1. Jika
sisi kubus pada gambar dibawah 3 maka
volume nya adalah…..
2. Gambarlah
kubus yang sisi nya 4 dan hitung volume nya….
3. Jika
sisi kubus pada gambar dibawah ini 5
maka volume nya adalah ….
Kunci Jawaban
1.
Diketahui
: Ditanya : Jawab :
s
= 3
cm V = . . . . ? V = s x s x
s
V = 3 cm x 3 cm x 3 cm
V = 27 cm3
2.
Diketahui
: Ditanya : Jawab :
s
= 4
cm V = . . . . ? V = s x s x
s
V = 4 cm x 4 cm x 4 cm
V = 64 cm3
3.
Diketahui
: Ditanya : Jawab :
s
= 5
cm V = . . . . ? V = s x s x
s
V = 5 cm x 5 cm x 5 cm
V = 125 cm3
Pekerjaan Rumah
(PR)
Kerjakanlah di
rumah soal halaman 72, nomor 1-5 !
Mengetahui : Banda
Aceh,09
desember 2012
Dosen Pembimbing,
Simulator,
Dra. Monawati, M.pd. Ardian
NIP : 195705261981032001 NIM :
1006104040056
LEMBARAN
PENILAIAN
a.
Instrumen
Penilaian Karakter
NO
|
Nama Siswa
|
Karakter Yang Dinilai
|
|
score
|
||||||
Religius (nilai15)
|
Rasa ingin tahu (nilai 25)
|
mandiri
(nilai 20)
|
Kerja keras
(nilai 20)
|
Teliti (nilai
20)
|
kreatif
|
Tanggung jawab
|
Menghargai pendapat orang lain
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Instrumen Penilaian Tugas
Individu
NO
|
Nama Siswa
|
Soal Yang Dinilai
|
Score
|
||
Nomor 1 (20)
|
Nomor 2 (20)
|
Nomor 3 (25)
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
c. Instrumen Penilaian Kelompok
NO
|
Nama Siswa
|
Soal Yang Dinilai
|
Score
|
|||
Nomor 1(nilai 25)
|
Nomor 2 (nilai25)
|
Nomor 3 (nilai25)
|
Nomor 4 (25)
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
LEMBAR
KERJA SISWA
1. Hitunglah
banyak kubus satuan yang membentuk bangun balok dibawah ini :
Banyak kubus
satuan ke samping = .....
Banyak
kubus satuan ke belakang = .....
Banyak
kubus satuan ke atas = .....
Banyak
semua kubus satuan = ..... x
..... x ..... = .....
2.
Banyak
kubus satuan ke samping = .....
Banyak
kubus satuan ke belakang = .....
Banyak
kubus satuan ke atas = .....
Banyak
semua kubus satuan = ..... x
..... x ..... = .....
3. Kubus
satuan ke samping menyatakan ................ kubus
Kubus
satuan ke belakang menyatakan ................ kubus
Kubusa
satuan ke atas menyatakan ................. kubus
Rumus
volume kubus
adalah :
|
J
Selamat Bekerja J
MENGGUNAKAN RUMUS VOLUME KUBUS BERUPA KUBUS SATUAN DALAM
MEMECAHKAN MASALAH
LAPORAN HASIL KERJA WORK SHOP
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas : V / 2
Waktu : 1 x 35
menit (70 menit)
A. Standar Kompetensi :
4. Menghitung volume kubus dan balok dan menggunakannya
dalam pemecahan masalah.
dalam pemecahan masalah.
B. Kompetensi Dasar :
4.1. Menghitung volume kubus dan balok.
C. Indikator :
- Menemukan rumus volume kubus.
- Menghitung volume kubus.
D. tujuan alat peraga : Untuk menunjukkan kepada siswa cara menghitung
volume kubus
dengan menggunakan kubus satuan
E. Desain alat peraga :
F. Alat dan Bahan yang
digunakan
a.
Alat : Gunting,Penggaris,Pensil,Pulpen,Rautan,Cutter
b.
Bahan : Karton,Doubel tip,Karet busa,Origami,Lem FOX, sampul
makalah
G. Langkah Pembuatan
1.
Letakan karet busa, sampul makalah dan Styrofoam dilantai yang datar dan bersih.
2.
Peganglah karet busa tersebut dan sampul makalah , lalu diukur dengan
penggaris untuk membuat polanya.
3.
Setelah dibentuk polanya, lalu digunting secara
pelan-pelan.
4.
Lula menempelkan karet busa yang telah dipotong di karton.
5.
Potonglah
sampul makalh dan Styrofoam sesuai polanya.
H. Cara
pemanfaatan
·
Guru
memperkenalkan alat peraga yang digunakan.
·
Menjelaskan
kepada siswa bagaimana cara menggunakan
alat peraga volume kubus
·
Siswa
meminta siswa maju kedepan untuk kut langsung menggunakan alat peraga volume
kubus yang tersedia
I. Kesimpulan dan saran
·
Kesimpulan
Dengan menggunakan alat
peraga volume kubus kita akan lebih mudah untuk mengetahui volume suatu kubus
saat memecahkan masalah dalam kehidyupan sehari-hari
·
Saran
Dengan menggunakan alat
peraga ini diharapkan siswa lebih mudah memahami materi ini sehingga tidak
kesulitan lagi untuk memecahkan masalah, karena siswa dapat memperagakan nya
secara langsung
J. Dokumentasi
1.
Dalam pproses pembuatan
2.
Hasil pembuatan
No comments:
Post a Comment