RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Nama Sekolah : SD Negeri
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Peristiwa Dalam Kehidupan
Kelas / Semester : V / 1
Waktu : 1 x pertemuan (70 menit)
Hari / Tanggal : Senin, 6 Mei 2013
1. Kompetensi Inti
3. Memahami
pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba
[mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara
kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda
yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain
2. Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan
rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar
3.
Indikator
·
(psikomotor) Menceritakan hewan
berdasarkan makanannya sesuai dengan peristiwa dalam kehidupan dengan
menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
·
(kognitif) Mengklasifikasikan
jenis hewan berdasarkan makanannya
·
(kognitif) Menentukan
jenis makanan hewan
·
(kognitif) Menyebutkan
3 contoh hewan berdasarkan jenis makanannya
·
(afektif) Memiliki kepedulian
terhadap jenis hewan dalam kehidupan
·
(afektif) Memiliki rasa tanggung
jawab terhadap jenis hewan dalam
kehidupan.
4. Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menceritakan
hewan berdasarkan makanannya sesuai dengan peristiwa dalam kehidupan dengan
menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
·
Siswa dapat mengklasifikasikan
jenis hewan berdasarkan makanannya
setelah mendengarkan penjelasan gurunya dengan benar
·
Siswa dapat menentukan
jenis makanan hewan dengan benar
melalui diskusi kelompok
·
Siswa dapat menyebutkan
3 contoh hewan berdasarkan jenis makanannya
dengan benar melalui tanya jawab
·
Siswa dapat memiliki
kepedulian terhadap jenis hewan dalam
kehidupan melalui penguatan guru dengan tepat
·
Siswa dapat memiliki
rasa tanggung jawab terhadap jenis hewan
dalam kehidupan melalui penguatan guru dengan benar.
5. Karakter yang
Diharapkan
-
Jujur
-
Kerja keras
-
Rasa ingin tahu
-
Tanggung jawab
-
Peduli lingkungan
-
Komunikatif
6. Metode / Model
Pembelajaran
a.
Metode pembelajaran : Tanya jawab, ceramah, diskusi dan pemberian
tugas
b.
Model pembelajaran : PAKEM
7. Langkah –Langkah
Pembelajaran
No
|
Uraian kegiatan
pembelajaran
|
Pengelolaan
|
Karakter yang
diharapkan
|
|
Waktu
|
Siswa
|
|||
1.
|
Kegiatan Awal
v Salam,
membaca do’a bersama dan mengelola kelas, mengabsen.
v Memberikan
motivasi peserta didik dengan cara bercerita.
v Membuat
kaitan dengan mengajukan pertanyaan
yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan.
v Memberi acuan yaitu menginformasikan kepada
siswa tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan langkah-langkah umum
pembelajaran.
v Membagi
siswa dalam 4 kelompok
|
5 menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Rasa ingin tahu
Aktif
|
2.
|
Kegiatan
Inti
Eksplorasi:
v Memajangkan
media gambar di papan tulis.
v Tanya jawab tentang media
v Penjelasan
singkat tentang materi ajar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
v Meminta
1 orang siswa maju ke depan untuk menceritakan hewan berdasarkan makanannya
sesuai dengan peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan Bahasa Indonesia
yang benar
Elaborasi:
v Membagikann
LKS, dan masing-masing kelompok mengerjakannya
v Masing-masing
kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
v Menanamkan
sikap kepedulian terhadap jenis hewan dalam
kehidupan kepada siswa.
v Menanamkan
rasa tanggung jawab terhadap jenis hewan dalam kehidupan
kepada siswa.
Konfirmasi:
v Feed
back / umpan balik.
v Penguatan
|
50 menit
|
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Individual
Kelompok
Kelompok
Klasikal
Klasikal
Klasikal
Klasikal
|
Rasa ingin tahu
Aktif
Aktif
Kerja keras
Komunikatif
Kerja sama
Peduli lingkungan
Tanggung jawab
Aktif
|
3.
|
Kegiatan Akhir
v Menyimpulkan
materi pelajaran.
v Memberikan
evaluasi
v Memberikan
PR
v Memberikan
pesan moral.
|
15 menit
|
Klasikal
Individual
Individual
Klasikal
|
Kerja keras
Tanggung jawab
|
8. Media / sumber
pembelajaran
a.
Media pembelajaran : gambar hewan di karton
b.
Sumber pembelajaran : buku IPA kelas V SD
9. Penilaian
a.
Proses ; rasa ingin tahu, jujur, aktif, tanggung jawab,
komunikatif dan kerja keras
b.
Hasil ; LKS, Evaluasi dan PR
Evaluasi
Jawablah
pertanyaan di bawah ini dengab benar dan tepat !
1.
Ceritakan salah
satu hewan berdasarkan jenis makanannya!
2.
Jelaskan jenis
hewan berdasarkan makanannya !
3.
Sebutkanlah 3 contoh
hewan herbivora,karnivora,dan Omnivora !
4.
Klasifikasikan
jenis hewan di bawah ini dan tentukan jenis makanannya !
Jawaban :
1. Saya mempunyai ayam di rumah. Anaknya ada banyak.
Setiap hari saya memberinya makan biji-bijian. Sekarang ayam saya sudah
berkembang
2.
Jenis hewan berdasarkan makanannya:
-
Herbivora adalah Hewan
yang makanannya hanya bersumber dari tumbuhan.
-
Karnivora adalah Hewan
yang makanannya hanya bersumber dari hewan.
-
Omnivora adalah Hewan
yang makanannya bersumber dari tumbuhan dan
hewan
3. Tiga contoh
hewan berdasarkan makanannya :
-
Contoh Herbivora : Sapi,Kuda,Kambing.
-
Contoh Karnivora : Kucing,Anjing,Ular.
-
Contoh Omnivora : Ayam,Bebek,Beruang.
4. Hewan diatas adalah harimau. Harimau termasuk
karnivora. Dia adalah hewan pemakan daging.
PR
Amati hewan yang ada di sekitar rumahmu atau sekolahmu, kemudian
salin dan isi kolom-kolom berikut ini !
No.
|
Nama jenis hewan
|
Jenis makanan
|
1
|
Sapi
|
Rumput
|
2
|
|
|
3
|
|
|
4
|
|
|
5
|
|
|
6
|
|
|
7
|
|
|
8
|
|
|
9
|
|
|
10
|
|
|
Mengetahui :
Dosen
Pembimbing,
Drs.
Suid, S.Pd,M.Pd
Nip.
195304 12198803 1 002
|
Banda
Aceh, 6 Mei 2013
Simulator,
Fifi Fajar
Nim.
1006104040175
|
|
|
LEMBAR KERJA SISWA (LKS)
Golongkanlah
gambar berikut ini sesuai dengan kegunaanya dan berilah tanda (√) pada jawaban
yang sesuai dengan gambar.
No
|
Gambar
|
Nama
|
Jenis
Makanan
|
|||
Herbivora
|
Karnivora
|
Omnivora
|
||||
1
|
|
Buaya
|
|
|
|
|
2
|
|
Kuda
|
|
|
|
|
3
|
|
Anjing
|
|
|
|
|
4
|
|
Bebek
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN KARAKTER
No
|
Nama
siswa
|
Karakter
yang dinilai
|
|||||
Kerja
keras
|
Rasa
ingin tahu
|
Jujur
|
Tanggung jawab
|
Komunikatif
|
Aktif
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN
TUGAS INDIVIDUAL
No.
|
Nama siswa
|
Soal Yang Dinilai
|
|||
No 1
|
No 2
|
No 3
|
No 4
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
|
|
4.
|
|
|
|
|
|
5.
|
|
|
|
|
|
6.
|
|
|
|
|
|
Keterangan
1.
A = 90 -100
(sangat memuaskan)
2.
B = 75-85 (memuaskan)
3.
C = 70-50 (cukup)
MEDIA
Hewan Herbivora
Kerbau Kambing
Hewan Karnivora
Kucing
Ular
Hewan
Omnivora
Bebek Ayam
URAIAN MATERI
Penggolongan Hewan
Makanan hewan ada
yang sama, ada juga yang berbeda. Hewan dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu
herbivora, karnivora, dan omnivora.
1. Herbivora (Hewan
Pemakan Tumbuh-tumbuhan)
Hewan pemakan
tumbuhan terdiri atas hewan pemakan biji-bijian, rumput atau daun-daun tumbuhan,
madu, dan buah-buahan. Hewan pemakan biji-bijian, contohnya ayam dan burung
dara. Hewan pemakan rumput dan pemakan daun tumbuhan, contohnya kambing,
kelinci, sapi, dan kerbau.
2. Karnivora
Kucing termasuk
hewan yang memangsa hewan lain untuk dimakan dagingnya.Hewan karnivora memiliki
gigi yang tajam dan kuat untuk menangkap dan merobek mangsanya. Selain itu,
juga memiliki alat penglihatan, penciuman, dan pendengaran yang peka sehingga
dapat memburu mangsanya dengan cepat. Contoh hewan karnivora adalah anjing,
kucing, harimau, singa, ikan arwana, ikan piranha, paus, buaya, ular dan yang
lainnya. Hewan pemakan bangkai termasuk karnivora, misalnya burung nasar dan
burung kondor. Ada juga hewan pemakan serangga, hewan ini juga termasuk karnivora,
misalnya katak dan cecak.
3. Omnivora (Hewan
Pemakan hewan dan tumbuhan)
Contoh hewan
omnivora adalah musang. Hewan ini biasanya makan buah-buahan, seperti buah enau
dan kopi, tetapi juga pemburu ayam. Apakah yang kamu makan? Manusia juga merupakan
pemakan tumbuhan dan daging. Mengapa manusia termasuk omnivora?Hewan dan
tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia. Jika tumbuhan dan hewan
berkurang atau punah, sumber makanan akan berkurang atau tidak ada,
lama-kelamaan akan timbul kelaparan. Oleh karena itu, hewan dan tumbuhan yang
ada di alam ini perlu dilestarikan agar selalu tersedia.
No comments:
Post a Comment