animasi  bergerak gif
My Widget
Read more: http://infounixs.blogspot.com/2012/12/kumpulan-widget-animasi-untuk-blog.html#ixzz2VQQNOddv



- See more at: http://lutfimoduscrew.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-jam-melayang-di-pojok-blog.html#sthash.OBrfcye4.dpuf

Friday 7 June 2013

rpp bahasa indonesia sd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
TEMATIK
Nama Sekolah       : SD Negeri
Mata Pelajaran      : Bahasa Indonesia
Tema                      : Peristiwa Dalam Kehidupan
Kelas / Semester   : V / 1
Waktu                    : 1 x pertemuan (70 menit)
Hari / Tanggal        : Senin, 6 Mei 2013

1.      Kompetensi Inti
3.  Memahami pengetahuan faktual dan konseptual dengan cara mengamati dan mencoba [mendengar, melihat, membaca] serta menanya berdasarkan rasa ingin tahu secara kritis tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain

2.      Kompetensi Dasar
3.6 Mengenal jenis hewan dari makanannya dan mendeskripsikan rantai makanan pada ekosistem di lingkungan sekitar

3.      Indikator
·           (psikomotor) Menceritakan hewan berdasarkan makanannya sesuai dengan peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
·           (kognitif) Mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan makanannya
·           (kognitif) Menentukan jenis makanan hewan
·           (kognitif) Menyebutkan 3 contoh hewan berdasarkan jenis makanannya
·           (afektif) Memiliki kepedulian terhadap jenis hewan dalam kehidupan
·           (afektif) Memiliki rasa tanggung jawab terhadap jenis hewan dalam kehidupan.

4.      Tujuan Pembelajaran
·           Siswa dapat menceritakan hewan berdasarkan makanannya sesuai dengan peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang benar
·           Siswa dapat mengklasifikasikan jenis hewan berdasarkan makanannya setelah mendengarkan penjelasan gurunya dengan benar
·           Siswa dapat menentukan jenis makanan hewan dengan benar melalui diskusi kelompok
·           Siswa dapat menyebutkan 3 contoh hewan berdasarkan jenis makanannya dengan benar melalui tanya jawab
·           Siswa dapat memiliki kepedulian terhadap jenis hewan dalam kehidupan melalui penguatan guru dengan tepat
·           Siswa dapat memiliki rasa tanggung jawab terhadap jenis hewan dalam kehidupan melalui penguatan guru dengan benar.

5.      Karakter yang Diharapkan
-         Jujur
-         Kerja keras
-         Rasa ingin tahu
-         Tanggung jawab
-         Peduli lingkungan
-         Komunikatif

6.      Metode / Model Pembelajaran
a.       Metode pembelajaran         : Tanya jawab, ceramah, diskusi dan pemberian tugas
b.      Model pembelajaran           : PAKEM

7.      Langkah –Langkah Pembelajaran
No
Uraian kegiatan pembelajaran
Pengelolaan
Karakter yang diharapkan
Waktu
Siswa
1.
Kegiatan Awal
v Salam, membaca do’a bersama dan mengelola kelas, mengabsen.
v Memberikan motivasi peserta didik dengan cara bercerita.
v Membuat kaitan dengan mengajukan pertanyaan  yang berkaitan dengan materi pelajaran yang akan diajarkan.
v Memberi acuan yaitu menginformasikan kepada siswa tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan langkah-langkah umum pembelajaran.
v Membagi siswa dalam 4 kelompok
5 menit

Klasikal

Klasikal

Klasikal


Klasikal



Klasikal



Rasa ingin tahu

Aktif
2.
Kegiatan Inti
Eksplorasi:
v Memajangkan media gambar di papan tulis.
v Tanya jawab tentang media
v Penjelasan singkat tentang materi ajar melalui pemanfaatan bahasa Indonesia.
v Meminta 1 orang siswa maju ke depan untuk menceritakan hewan berdasarkan makanannya sesuai dengan peristiwa dalam kehidupan dengan menggunakan Bahasa Indonesia yang benar

Elaborasi:
v Membagikann LKS, dan masing-masing kelompok mengerjakannya
v Masing-masing kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.
v Menanamkan sikap kepedulian terhadap jenis hewan dalam kehidupan kepada siswa.
v Menanamkan rasa tanggung jawab terhadap jenis hewan dalam kehidupan kepada siswa.

Konfirmasi:
v Feed back / umpan balik.
v Penguatan
50 menit


Klasikal
Klasikal
Klasikal

Individual






Kelompok

Kelompok

Klasikal

Klasikal



Klasikal
Klasikal


Rasa ingin tahu
Aktif
Aktif

Kerja keras






Komunikatif

Kerja sama

Peduli lingkungan
Tanggung jawab


Aktif


3.
Kegiatan Akhir
v Menyimpulkan materi pelajaran.
v Memberikan evaluasi
v Memberikan PR
v Memberikan pesan moral.
15 menit

Klasikal
Individual
Individual
Klasikal

Kerja keras
Tanggung jawab



8.      Media / sumber pembelajaran
a.       Media pembelajaran           : gambar hewan di karton
b.      Sumber pembelajaran         : buku IPA kelas V SD

9.      Penilaian
a.       Proses        ; rasa ingin tahu, jujur, aktif, tanggung jawab, komunikatif dan kerja keras
b.      Hasil           ; LKS, Evaluasi dan PR
Evaluasi
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengab benar dan tepat !
1.    Ceritakan salah satu hewan berdasarkan jenis makanannya!
2.    Jelaskan jenis hewan berdasarkan makanannya !
3.    Sebutkanlah 3 contoh hewan herbivora,karnivora,dan Omnivora !
4.    Klasifikasikan jenis hewan di bawah ini dan tentukan jenis makanannya !
ANd9GcTNEYvon9ZmNhYuTHqrVi1csn04TVGtrGfWGkqY342moO2-CQAJhQ
Jawaban :
1. Saya mempunyai ayam di rumah. Anaknya ada banyak. Setiap hari saya memberinya makan biji-bijian. Sekarang ayam saya sudah berkembang
2. Jenis hewan berdasarkan makanannya:
-           Herbivora adalah Hewan yang makanannya hanya bersumber dari tumbuhan.
-           Karnivora adalah Hewan yang makanannya hanya bersumber dari hewan.
-           Omnivora adalah Hewan yang makanannya bersumber dari tumbuhan dan  hewan

3.  Tiga contoh hewan berdasarkan makanannya :
-         Contoh Herbivora : Sapi,Kuda,Kambing.
-         Contoh Karnivora : Kucing,Anjing,Ular.
-         Contoh Omnivora : Ayam,Bebek,Beruang.

4. Hewan diatas adalah harimau. Harimau termasuk karnivora. Dia adalah hewan pemakan daging.
PR
Amati hewan yang ada di sekitar rumahmu atau sekolahmu, kemudian salin dan isi kolom-kolom berikut ini !
No.
Nama jenis hewan
Jenis makanan
1
Sapi
Rumput
2


3


4


5


6


7


8


9


10








Mengetahui :
Dosen  Pembimbing,



Drs. Suid, S.Pd,M.Pd
Nip. 195304 12198803 1 002
 Banda Aceh, 6 Mei 2013
                   Simulator,



                    Fifi Fajar
Nim. 1006104040175


LEMBAR KERJA SISWA (LKS)

Golongkanlah gambar berikut ini sesuai dengan kegunaanya dan berilah tanda (√) pada jawaban yang sesuai dengan gambar.
No
Gambar
Nama
Jenis Makanan
Herbivora
Karnivora
Omnivora

1
http://t3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcTznqEG5erGAkfpiTAjLLkvgMXn22P7kRjmXAyjTELMSj2fJk0p
Buaya




2
http://t2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS0bcOUhYpb5pme0njNCAM4PGIEaf2pauRpV2TtTnkPcuAZinV9aQ
Kuda




3
ANd9GcRJbJ1Q2QIayW0KSg9wFai4KlkvABENMIkGdJntWx6RCv4JT-Ph6w
Anjing




4
ANd9GcQUyr2M9tNTlMqPuvajxTjendSxBny5a52_9vrPHszktxwQYh8QlA
Bebek





       


INSTRUMEN PENILAIAN KARAKTER

No
Nama siswa
Karakter yang dinilai
Kerja keras

Rasa ingin tahu

Jujur

Tanggung  jawab

Komunikatif

Aktif
1.







2.







3.







4.







5.







6.









INSTRUMEN PENILAIAN TUGAS INDIVIDUAL
No.
Nama siswa
Soal Yang Dinilai
No 1
No  2
No 3
No 4
1.





2.





3.





4.





5.





6.







Keterangan
1.      A =  90 -100 (sangat memuaskan)
2.      B = 75-85 (memuaskan)
3.      C = 70-50 (cukup)
MEDIA
Hewan Herbivora
ANd9GcSFHbmyvsZJ8EMP7GON4J8AaL5JA9EKQmf4p5YfOJNp_XYzVGmcANd9GcRmI9SdWhCVEJjTfYRdvXVUGt8XZcVjni8yghLN2bGUwfoDp1dl




Kerbau                                                                         Kambing
ANd9GcSEBpN18HLjP_vUppDbpBspjNRhcSXJxAbVf9YTnTyMzOZwoaUbHewan Karnivora
ANd9GcSCuNMvhv2ehURr5broYB-sUIDtSiCBt5aWn5GC-Rmpjv6MoBgb             Kucing                                                                                   Ular
Hewan Omnivora







ANd9GcSBKdWVWO49F92puvpU7CimwKqiuoclBAm7oLVQ9uu0ae7kA5UCOw

ANd9GcQUyr2M9tNTlMqPuvajxTjendSxBny5a52_9vrPHszktxwQYh8QlA

 







          Bebek                                                                                      Ayam
URAIAN MATERI
Penggolongan Hewan
Makanan hewan ada yang sama, ada juga yang berbeda. Hewan dapat dikelompokkan menjadi tiga, yaitu herbivora, karnivora, dan omnivora.
1. Herbivora (Hewan Pemakan Tumbuh-tumbuhan)
Hewan pemakan tumbuhan terdiri atas hewan pemakan biji-bijian, rumput atau daun-daun tumbuhan, madu, dan buah-buahan. Hewan pemakan biji-bijian, contohnya ayam dan burung dara. Hewan pemakan rumput dan pemakan daun tumbuhan, contohnya kambing, kelinci, sapi, dan kerbau.

2. Karnivora
Kucing termasuk hewan yang memangsa hewan lain untuk dimakan dagingnya.Hewan karnivora memiliki gigi yang tajam dan kuat untuk menangkap dan merobek mangsanya. Selain itu, juga memiliki alat penglihatan, penciuman, dan pendengaran yang peka sehingga dapat memburu mangsanya dengan cepat. Contoh hewan karnivora adalah anjing, kucing, harimau, singa, ikan arwana, ikan piranha, paus, buaya, ular dan yang lainnya. Hewan pemakan bangkai termasuk karnivora, misalnya burung nasar dan burung kondor. Ada juga hewan pemakan serangga, hewan ini juga termasuk karnivora, misalnya katak dan cecak.

3. Omnivora (Hewan Pemakan hewan dan tumbuhan)
Contoh hewan omnivora adalah musang. Hewan ini biasanya makan buah-buahan, seperti buah enau dan kopi, tetapi juga pemburu ayam. Apakah yang kamu makan? Manusia juga merupakan pemakan tumbuhan dan daging. Mengapa manusia termasuk omnivora?Hewan dan tumbuhan merupakan sumber makanan bagi manusia. Jika tumbuhan dan hewan berkurang atau punah, sumber makanan akan berkurang atau tidak ada, lama-kelamaan akan timbul kelaparan. Oleh karena itu, hewan dan tumbuhan yang ada di alam ini perlu dilestarikan agar selalu tersedia.

No comments:

Post a Comment