RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
(RPP)
Satuan Pendidikan : SD Negeri 1 Banda Aceh
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit ( 1 x petemuan )
Hari / Tanggal : Kamis, 19 Desember 2012
Mata Pelajaran : SAINS
Kelas / Semester : V / I
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit ( 1 x petemuan )
Hari / Tanggal : Kamis, 19 Desember 2012
1.
Standar Kompetensi
1.makhluk hidup dan proses kehidupan –mengindentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
1.makhluk hidup dan proses kehidupan –mengindentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan
2.
Kompetensi Dasar
1.2 Mengindentifikasi funsi organ pernafasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
1.2 Mengindentifikasi funsi organ pernafasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah
3.
Indikator
Menjelaskan fungsi organ pernafasan pada hewan ikan dan cacing tanah
Menjelaskan fungsi organ pernafasan pada hewan ikan dan cacing tanah
4.
Tujuan Pembelajaran
·
Siswa dapat menjelaskan
fungsi organ pernafasan pada ikan setelah mendengarkan penjelasan dari guru.
·
Siswa dapat Menjelaskan
fungsi ogan pernafasan pada cacing tanah setelah mendiskusikan dengan
temen-temannya.
-
Karakter Siswa yang
Diharapkan
-
Relegius
-
Disiplin
-
Mandiri
-
Rasa ingin tahu
-
Tanggung jawab
5.
Materi Pokok.
fungsi organ pernafasan pada hewan
fungsi organ pernafasan pada hewan
6.
Metode Pembelajaran
·
Tanya Jawab
·
Pemberian Tugas
·
Ceramah
·
Demonstrasi
·
Diskusi
7.
Model Pembelajaran:
Tipe kooperatif
STAD ( Student Team Achievement Division)
8.
Langkah – Langkah
Pemebelajaran
No. |
Uraian Kegiatan
|
Pengelolahan
|
|
Siswa
|
Alokasi
|
||
1.
2.
3.
|
Kegiatan
Awal
-
Memberi salam, dan
berdo’a (religius)
-
mengelolah kelas dan mengabsen (disiplin)
-
Memotivasi siswa dengan olah tubuh
-
Membuat kaitan dengan Tanya jawab
tentang fungsi organ pernafasan pada ikan dan cacing tanah
-
Memberi acuan dengan menuliskan tujuan Pembelajaran di papan tulis.
-
Membagi siswa menjadi 4 kelompok
Kegiatan
Inti
A.
Eksplorasi
-
Mengamati gambar yang di pajang di
papan tulis.
-
Menunjukkan dan Tanya jawab tentang
fungsi organ pernafasan pada ikan dan cacing tanah.
B.
Elaborasi
-
Membagikan
lembaran kerja siswa (LKS)
dan mendiskusikan bersama dengan anggota kelompoknya
-
Anggota kelompok yang sudah mengerti ,
menjelaskan pada anggota lainnya
sampai semua annggota kelompok mengerti
C.
Konfirmasi
-
Guru memberi kuis
atau pertanyaan kepada seluruh siswa yang pada saat menjawab tidak boleh
membantu
-
Mengumpulkan hasil diskusi untuk di
nilai
Kegiatan
Akhir
-
Menyimpulkan materi pelajaran.
-
Pemajangan hasil diskusi
-
Memberi evaluasi ( test )
-
Memberi PR
-
Memberi hadiah
-
Memberi Pesan belajar dan moral.
|
10 menit
50 menit
10 menit
|
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Klasikal
-
kelompok
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Kelompok
-
Individu
-
Klasikal
-
Klasikal
-
Kelompok
-
Individu
-
Individu
-
Kelompok
-
individu
|
9.
Media / Sumber
Pembelajaran :
a. Media Pembelajaran : Gambar Hewan
b. Sumber Pembelajaran : KTSP, Buku Paket Erlangga
a. Media Pembelajaran : Gambar Hewan
b. Sumber Pembelajaran : KTSP, Buku Paket Erlangga
10.
Penilaian Hasil Belajar
a. Proses : - Performance (unjuk kerja) (karakter)
a. Proses : - Performance (unjuk kerja) (karakter)
b. Hasil : -
LKS, jawaban soal
: - Jawaban PR
: - Jawaban PR
Soal Test :
1.
Jelaskan fungsi
organ pernafasan pada ikan?
2.
Jelaskan fungsi organ
pernafasan pada cacing tanah?
Jawaban :
1.
Berupa insang, insang
ini terletak di sebelah kanan dan kiri
kepala ikan. Insang ini berjumlah empat
pasang, bagian-bagian insang terbentuk
lembaran yang di sebut lembaran insang. Pada lembaran insang terjadi pertukaran
udara, ikan juga mempunyai gelembung renang untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak naik turun.
2.
Bernafas melalui
permukaan tubuhnya. Cacing tanah
memiliki kulit yang tipis pada permukaan kulit cacing tanah juga menghasilkan
lender, kondsi ini menyebabkan cacing dapat
menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida secara langsung
melalui permukaan kulit. Dan tempat lembab membantu proses pernafasan agar
dapat berlangsung dengan baik.
Pekerjaan rumah (PR)
Bukalah buku paket halaman 7 kerjakan soal no 1-5
Mengetahui Banda
Aceh, 8 Desember 2012
Dosen Pembimbing Simulator,
Dosen Pembimbing Simulator,
( Dra. Alffiati Safrina M,Pd) (rudini)
NIP : 195709111985032007 Nim: 1006104040020
NIP : 195709111985032007 Nim: 1006104040020
LEMBAR
KERJA SISWA
( LKS )
( LKS )
Isilah tabel berikut dengan menyebutkan
alat pernapasan hewan kemudian berdiskusilah dengan kelompokmu tentang
alat-alat pernapasan tersebut
No.
|
Alat
pernapasan
|
Fungsi
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
Dari
berbagai macam jenis banjir, pada umumnya banjir memiliki berbagai akibat dan dampak
negatifyang secara
langsung maupun tidak langsung berpengaruh bagi manusia.
Dampak
paling umum dari banjir adalah memutuskan jalur
transportasi darat. Akibat genangan air pada jalan yang cukup tinggi, motor,
mobil atau bahkan truk puso / container tidak bisa melewati jalan tersebut.
Selain motor dan mobil, lalu lintas kereta api pun dapat terganggu.
3. Banjir merusak dan bahkan
menghilangkan peralatan, perlengkapan, harta benda lainnya atau bahkan jiwa
manusia
Kerugian
yang disebabkan banjir diantaranya adalah kerusakan benda,
alat elektronik, mesin, surat-surat berharga (sertifikat, ijazah, dll),
perlengkapan rumah tangga, rumah, gedung, dan yang paling berharga: jiwa
manusia.
Listrik
sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena tingginya air / luapan banjir,
listrik harus kita padamkan atau bahkan dipadamkan oleh pihak PLN. Bayangkan
betapa terbatasnya aktifitas keseharian kita bila aliran listrik padam.
Dengan
adanya banjir,
otomatis akan menganggu aktifitas sehari-hari. Sekolah terganggu, kerja
terganggu, bersantai pun terganggu. Karena air banjir,
semua aktifitas pun terganggu atau bahkan harus dihentikan untuk sementara
waktu.
Perekonomian
terganggu karena banjir merendam sawah sehingga panen/
produksi padi terganggu, karena transportasi terputus bahan makanan yang
diangkut oleh truk dapat membusuk atau mungkin membutuhkanbiaya tambahan karena
harus mencari jalan alternatif walaupun lebih jauh, Produksi pabrik dihentikan
sementara karena mesin produksi terendam air atau listrik dipadamkan sehingga
mesin produksi tidak dapat dijalankan, dan masih banyak lagi sebab kerugian
tidak berasal hanya dari rusaknya mesin tetapi juga bisa dari sisi terhambatnya
/ terganggunya produktifitas.
Saat banjir datang tidak hanya air, tetapi juga
membawa serta sampah, kotoran, limbah pabrik / kimia, minyak (oli, bensin,
solar, minyak tanah, dsb), dan masih banyak lagi. Selain dapat mencemari sumber
air bersih, banjir juga akan mengotori, halaman atau
bahkan rumah kita sehingga menjadi tidak hiegienis.
Banjir menyebabkan lingkungan menjadi
kurang atau tidak bersih, sehingga nyamuk dan bibit kuman penyakit mudah
berkembang biak. Selain itu umumnya makanan dan minuman yang sehat akan lebih
susah ditemukan (terjadi kerawanan pangan) dan juga karena terlalu sering kena
air maka dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun.
Semakin
deras air banjir, kemungkinan untuk mengiikis
pinggiran aliran banjir akan semakin tinggi sehingga erosi
atau bahkan longsor akan semakin mungkin terjadi.
Bila banjir melanda cukup lama atau cukup
besar, seiring dengan bertambahnya pengalaman disaatbanjir,
roda kehidupan juga bisa dapat berubah dengan drastis. Kehilangan pekerjaan,
kehilangan mata pencaharian, hutang yang semakin menumpuk, kesehatan yang
terganggu, atau bahkan kehilangan jiwa. Kesemuanya itu dapat merubah masa depan
seseorang, keluarga atau bahkan masyarakat, baik secara langsung ataupun tidak
langsung.
.
LEMBARAN
PENILAIAN KARAKTER
No. |
Nama Siswa |
KARAKTER YANG DINILAI |
|||||
Relegius
|
Disiplin
|
Tanggung Jawab
|
Rasa Ingin Tahu
|
Mandiri
|
Jumlah
|
||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN TUGAS KELOMPOK
No.
|
Nama Siswa
|
Aspek yang
dinilai
|
|||
Alat pernapasan
|
Fungsi
|
Score
|
|||
1.
2.
3.
4.
5.
|
|
|
|
|
INSTRUMEN PENILAIAN TES INDIVIDU
No.
|
Nama Siswa
|
Soal yang dinilai
|
||
Nomor 1
(Nilai 50)
|
Nomor 2
(Nilai 50)
|
Jumlah Score
|
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
URAIAN MATERI
ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN
Di
dukung oleh organ-organ yang memiliki fungsi tertentu. Misalnya kita mangamati
proses kehidupan hewan di sekitar kita merupakan suatu hal yang sangat menarik.
Seekor burung terbang di udara, ikan berenang di kolam.ayam,tikus,dan kucing
berlari menggunakan kakinya. Hewan-hewan itu bergerak,bernafas,dan makan.
Pada hewan, alat pernafasannya
berbeda-beda. Hewan yang hidup di darat pada umumnya bernafas dengan
menggunkan paru-paru , sedangkan yang
hidup di air pada umumnya menggunakan
insang. Tetapi ada juga hewan air yang bernafas dengan menggunakan paru-pru .
Ada pula alat pernafasannya berupa kulit dan trakea. Perbedaan alat pernafasan pada hewan dipengaruhi oleh
keadaan tubuh dan tempat hidupnya.
B. Ikan
Ikan memiliki alat pernafasan berupa
insang. Insang ini terletak di sebelah kanan dan kiri kepala ikan. Insang ini berjumlah empat pasang . Bagian-bagian
insang berbentuk lembaran yang di sebut lembaran insang. Pada lembaran insang
terjadi pertukaran udara.
Ikan juga mempunyai gelembung renang untuk menyimpan oksigen dan mengatur
gerak naik turun. Ikan yang hidup di tempat kurang air , misalnya lumpur,
mempunyai lipatan-lipatan lipatan pada
insang . Lipatan-lipatan insang itu di sebut labirin . labirin berguna untuk menyimpan udara. Ikan yang memiliki labirin misalnya
ikan betook,lele,gabus, dan gurami
D.
Cacing
Cacing
tanah bernafas melalui permukaan tubuhnya. Cacing tanah memiliki kilit yang tipis . Pada permukaan kulit
cacing tanah terdapat banyak pembuluh darah. Kulit cacing tanah juga menghasilkan lender . Kondisi ini
menyebabkan cacing dapat menyerap
oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida
secara langsung melalui permukaan kulit. Itulah sebabnya cacing membutuhkan
tempat lembab dan basah. Tempat lembap membantu proses pernapasan agar dapat berlangsung dengan
baik.
No comments:
Post a Comment