animasi  bergerak gif
My Widget
Read more: http://infounixs.blogspot.com/2012/12/kumpulan-widget-animasi-untuk-blog.html#ixzz2VQQNOddv



- See more at: http://lutfimoduscrew.blogspot.com/2013/04/cara-membuat-jam-melayang-di-pojok-blog.html#sthash.OBrfcye4.dpuf

Wednesday, 5 June 2013

rpp sains sd



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Satuan Pendidikan                    : SD Negeri 1 Banda Aceh
Mata Pelajaran                         : SAINS
Kelas / Semester                      : V / I
Alokasi Waktu             : 2 x 35 Menit ( 1 x petemuan )
Hari / Tanggal                           : Kamis, 19 Desember 2012

1.                Standar Kompetensi
1.makhluk hidup dan proses kehidupan                                                                                                –mengindentifikasi fungsi organ tubuh manusia dan hewan

2.                Kompetensi Dasar
1.2 Mengindentifikasi funsi organ pernafasan hewan misalnya ikan dan cacing tanah

3.                  Indikator
Menjelaskan fungsi organ pernafasan pada hewan  ikan dan cacing tanah

4.                  Tujuan Pembelajaran
·        Siswa dapat menjelaskan fungsi organ pernafasan pada ikan setelah mendengarkan  penjelasan dari guru.
·        Siswa dapat Menjelaskan fungsi ogan pernafasan pada cacing tanah setelah mendiskusikan dengan temen-temannya.

-                       Karakter Siswa yang Diharapkan
-         Relegius
-         Disiplin
-         Mandiri
-         Rasa ingin tahu
-         Tanggung jawab


5.                  Materi Pokok.
fungsi organ  pernafasan pada hewan

6.                  Metode Pembelajaran
·        Tanya Jawab
·        Pemberian Tugas
·        Ceramah
·        Demonstrasi
·        Diskusi

7.                  Model Pembelajaran: Tipe kooperatif

STAD ( Student Team Achievement Division)

















8.                  Langkah – Langkah Pemebelajaran

No.


Uraian Kegiatan
Pengelolahan
Siswa
Alokasi
1.








2.
















3.








Kegiatan Awal
-    Memberi salam, dan berdo’a (religius)
-    mengelolah kelas dan mengabsen (disiplin)
-    Memotivasi siswa dengan olah tubuh
-    Membuat kaitan dengan Tanya jawab tentang fungsi organ pernafasan pada ikan dan cacing tanah
-    Memberi acuan dengan menuliskan tujuan Pembelajaran di papan tulis.
-    Membagi siswa menjadi 4 kelompok
Kegiatan Inti
A.     Eksplorasi
-     Mengamati gambar yang di pajang di papan tulis.
-     Menunjukkan dan Tanya jawab tentang fungsi organ pernafasan pada ikan dan cacing tanah.
B.     Elaborasi
-     Membagikan lembaran kerja siswa  (LKS) dan mendiskusikan bersama dengan anggota kelompoknya
-     Anggota kelompok yang sudah mengerti , menjelaskan pada anggota lainnya  sampai semua annggota kelompok mengerti
C.     Konfirmasi
-     Guru memberi kuis atau pertanyaan kepada seluruh siswa yang pada saat menjawab tidak boleh membantu
-     Mengumpulkan hasil diskusi untuk di nilai


Kegiatan Akhir
-     Menyimpulkan materi pelajaran.
-     Pemajangan hasil diskusi
-     Memberi evaluasi ( test )
-     Memberi PR
-     Memberi hadiah
-     Memberi Pesan belajar dan moral.
10 menit








50 menit















10 menit

-         Klasikal
-         Klasikal
-         Klasikal
-         Klasikal

-         Klasikal

-         kelompok


-         Klasikal
-         Klasikal


-         Klasikal

-         Klasikal

-         Kelompok

-         Individu

-         Klasikal



-         Klasikal
-         Kelompok
-         Individu
-         Individu
-         Kelompok
-         individu

9.                  Media / Sumber Pembelajaran :
a. Media Pembelajaran       : Gambar
Hewan
b. Sumber Pembelajaran     :
KTSP, Buku Paket Erlangga

10.               Penilaian Hasil Belajar
       a. Proses                     :
 - Performance (unjuk kerja) (karakter)
             b. Hasil                        :  - LKS, jawaban soal
                                                : - Jawaban PR
Soal Test :
1.      Jelaskan fungsi organ  pernafasan pada ikan?
2.      Jelaskan fungsi organ pernafasan pada cacing tanah?
Jawaban :
1.      Berupa insang, insang ini  terletak di sebelah kanan dan kiri kepala ikan. Insang ini  berjumlah empat pasang,  bagian-bagian insang terbentuk lembaran yang di sebut lembaran insang. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara, ikan juga mempunyai gelembung renang untuk menyimpan oksigen  dan mengatur gerak naik turun.
2.      Bernafas melalui permukaan tubuhnya. Cacing  tanah memiliki kulit yang tipis pada permukaan kulit cacing tanah juga menghasilkan lender, kondsi ini menyebabkan cacing dapat  menyerap oksigen dan mengeluarkan karbon dioksida secara langsung melalui permukaan kulit. Dan tempat lembab membantu proses pernafasan agar dapat berlangsung dengan baik.

Pekerjaan rumah (PR)
Bukalah buku paket halaman  7 kerjakan soal no 1-5



Mengetahui                                                                               Banda Aceh, 8 Desember 2012
Dosen Pembimbing                                                                                     Simulator,
( Dra. Alffiati Safrina M,Pd)                                                                           (rudini)
NIP :
195709111985032007                                                                     Nim: 1006104040020

                                                                                                                

LEMBAR KERJA SISWA
( LKS )
Isilah tabel berikut dengan menyebutkan alat pernapasan hewan kemudian berdiskusilah dengan kelompokmu tentang alat-alat pernapasan tersebut

No.
 Alat pernapasan
Fungsi
1.


2.


3.


4.


5.









Dari berbagai macam jenis banjir, pada umumnya banjir memiliki berbagai akibat dan dampak negatifyang secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh bagi manusia.
1. Banjir dapat merusak sarana dan prasarana
Banjir dapat menghancurkan rumah, gedung, jembatan, jalan dan masih banyak lagi.
2. Banjir memutuskan jalur transportasi
Dampak paling umum dari banjir adalah memutuskan jalur transportasi darat. Akibat genangan air pada jalan yang cukup tinggi, motor, mobil atau bahkan truk puso / container tidak bisa melewati jalan tersebut. Selain motor dan mobil, lalu lintas kereta api pun dapat terganggu.
3. Banjir merusak dan bahkan menghilangkan peralatan, perlengkapan, harta benda lainnya atau bahkan jiwa manusia
Kerugian yang disebabkan banjir diantaranya adalah kerusakan benda, alat elektronik, mesin, surat-surat berharga (sertifikat, ijazah, dll), perlengkapan rumah tangga, rumah, gedung, dan yang paling berharga: jiwa manusia.
4. Banjir dapat mengakibatkan pemadaman listrik
Listrik sudah menjadi kebutuhan sehari-hari. Karena tingginya air / luapan banjir, listrik harus kita padamkan atau bahkan dipadamkan oleh pihak PLN. Bayangkan betapa terbatasnya aktifitas keseharian kita bila aliran listrik padam.
5. Banjir mengganggu aktivitas sehari-hari
Dengan adanya banjir, otomatis akan menganggu aktifitas sehari-hari. Sekolah terganggu, kerja terganggu, bersantai pun terganggu. Karena air banjir, semua aktifitas pun terganggu atau bahkan harus dihentikan untuk sementara waktu.
6. Banjir dapat mengganggu atau bahkan merusak perekonomian
Perekonomian terganggu karena banjir merendam sawah sehingga panen/ produksi padi terganggu, karena transportasi terputus bahan makanan yang diangkut oleh truk dapat membusuk atau mungkin membutuhkanbiaya tambahan karena harus mencari jalan alternatif walaupun lebih jauh, Produksi pabrik dihentikan sementara karena mesin produksi terendam air atau listrik dipadamkan sehingga mesin produksi tidak dapat dijalankan, dan masih banyak lagi sebab kerugian tidak berasal hanya dari rusaknya mesin tetapi juga bisa dari sisi terhambatnya / terganggunya produktifitas.
7. Banjir dapat mencemari lingkungan sekitar kita
Saat banjir datang tidak hanya air, tetapi juga membawa serta sampah, kotoran, limbah pabrik / kimia, minyak (oli, bensin, solar, minyak tanah, dsb), dan masih banyak lagi. Selain dapat mencemari sumber air bersih, banjir juga akan mengotori, halaman atau bahkan rumah kita sehingga menjadi tidak hiegienis.
8. Banjir dapat mendatangkan masalah / gangguan kesehatan (penyakit)
Banjir menyebabkan lingkungan menjadi kurang atau tidak bersih, sehingga nyamuk dan bibit kuman penyakit mudah berkembang biak. Selain itu umumnya makanan dan minuman yang sehat akan lebih susah ditemukan (terjadi kerawanan pangan) dan juga karena terlalu sering kena air maka dapat menyebabkan kondisi tubuh menurun.
9. Banjir dapat menyebabkan erosi atau bahkan longsor
Semakin deras air banjir, kemungkinan untuk mengiikis pinggiran aliran banjir akan semakin tinggi sehingga erosi atau bahkan longsor akan semakin mungkin terjadi.
10. Banjir dapat merubah, mengganggu, atau bahkan menghapus / menghilangkan masa depan
Bila banjir melanda cukup lama atau cukup besar, seiring dengan bertambahnya pengalaman disaatbanjir, roda kehidupan juga bisa dapat berubah dengan drastis. Kehilangan pekerjaan, kehilangan mata pencaharian, hutang yang semakin menumpuk, kesehatan yang terganggu, atau bahkan kehilangan jiwa. Kesemuanya itu dapat merubah masa depan seseorang, keluarga atau bahkan masyarakat, baik secara langsung ataupun tidak langsung.
.






                                                           

LEMBARAN PENILAIAN KARAKTER


No.

Nama Siswa


KARAKTER YANG DINILAI
Relegius
Disiplin
Tanggung Jawab
Rasa Ingin Tahu
Mandiri
Jumlah
1.

2.

3.

4.

5.










INSTRUMEN PENILAIAN TUGAS KELOMPOK
No.
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Alat pernapasan
Fungsi
Score

1.

2.

3.

4.

5.










INSTRUMEN PENILAIAN TES INDIVIDU

No.
Nama Siswa
Soal yang dinilai
Nomor 1
(Nilai 50)
Nomor 2
(Nilai 50)
Jumlah Score







































                                                                                                           
URAIAN MATERI
ORGAN TUBUH MANUSIA DAN HEWAN
Tubuh manusia dan hewan dalam melakukan aktivitas hidupnya
Di dukung oleh organ-organ yang memiliki fungsi tertentu. Misalnya kita mangamati proses kehidupan hewan di sekitar kita merupakan suatu hal yang sangat menarik. Seekor burung terbang di udara, ikan berenang di kolam.ayam,tikus,dan kucing berlari menggunakan kakinya. Hewan-hewan itu bergerak,bernafas,dan makan.

A. Alat pernafasan pada hewan

 

Pada hewan, alat pernafasannya berbeda-beda. Hewan yang hidup di darat pada umumnya bernafas dengan menggunkan  paru-paru , sedangkan yang hidup di air  pada umumnya menggunakan insang. Tetapi ada juga hewan air yang bernafas dengan menggunakan paru-pru . Ada pula alat pernafasannya berupa kulit dan trakea. Perbedaan alat  pernafasan pada hewan dipengaruhi oleh keadaan tubuh dan tempat hidupnya.
B. Ikan
Ikan memiliki alat pernafasan berupa insang. Insang ini terletak di sebelah kanan dan kiri kepala ikan. Insang  ini berjumlah empat pasang . Bagian-bagian insang berbentuk lembaran yang di sebut lembaran insang. Pada lembaran insang terjadi pertukaran udara.
Ikan juga mempunyai gelembung  renang untuk menyimpan oksigen dan mengatur gerak naik turun. Ikan yang hidup di tempat kurang air , misalnya lumpur, mempunyai lipatan-lipatan  lipatan pada insang . Lipatan-lipatan  insang itu  di sebut labirin . labirin berguna  untuk menyimpan  udara. Ikan yang memiliki labirin misalnya ikan betook,lele,gabus, dan gurami
D.     Cacing
Cacing tanah bernafas melalui permukaan tubuhnya. Cacing tanah memiliki  kilit yang tipis . Pada permukaan kulit cacing tanah terdapat banyak pembuluh darah. Kulit cacing tanah  juga menghasilkan lender . Kondisi ini menyebabkan cacing dapat  menyerap oksigen  dan mengeluarkan karbon dioksida secara langsung melalui permukaan kulit. Itulah sebabnya cacing membutuhkan tempat lembab dan basah. Tempat lembap membantu proses  pernapasan agar dapat berlangsung dengan baik.







No comments:

Post a Comment